Antara Krisis, Perubahan & Kejujuran

“It is not the strongest of the species that survives, nor the most intelligent that survives. It is the one that is most adaptable to change.”

-Charles Darwin-

Dalam hitungan bulan, semuanya berubah. Ketidakpastian adalah satu-satunya hal yang pasti. Sebagian besar bisnis telah sangat terganggu dan terkena dampak negatif. Perusahaan, Pemilik bisnis, CEO, Wirausahawan bahkan karyawan sedang menghadapi masa ketidakpastian yang luar biasa dan apa yang ada di depan masih belum jelas.

Entrepreneur tahu bahwa beberapa bisnis hebat keluar pada saat kondisi krisis – karena terkadang di saat-saat tergelap kita, ide dan inovasi baru memberikan satu titik pencerahan laksana mercusuar. Yang kita butuhkan adalah cahaya dari satu ide bagus tersebut.
Pengusaha, produk, pola distribusi baru apa yang akan lahir dari realitas baru setelah pandemi ini ?

Sebagai seorang professional yang sekarang terjun sebagai entrepreneur telah melewati beberapa kejadian krisis baik di tahun 1998 maupun di 2008, merasakan secara langsung bagaimana krisis pandemi yang terjadi kali memiliki potensi kehancuran yang luar biasa. Dimana dampak ekonomi dari apa yang kita alami sekarang ini belum pernah terjadi sebelumnya minimal dalam 50 tahun ini, tetapi pastinya masih banyak peluang untuk keluar menjadi pemenang dari kondisi ini dan menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

Di Narana Group memiliki jenis bisnis yang berbeda dimana kita harus melakukan beberapa langkah – langkah strategis untuk menemukan satu tindakan yang tepat baik untuk jangka pendek maupun panjang dan meskipun menakutkan, tapi menurut saya kondisi seperti sekarang ini juga bisa menjadi waktu buat kita untuk berkembang. Sekarang saatnya bereksperimen, berkreasi, dan berinovasi. Tentu saja, itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.
Kami memiliki bisnis yang tidak terdampak secara langsung seperti di Pariwisata ataupun MICE sehingga kita tidak harus mengubah arah ataupun melakukan perubahan besar. Jadi jikapun bisnis anda harus melakukan pivot, saya sarankan untuk menstabilkan bisnis dengan kemampuan terbaik anda terlebih dahulu. Penting untuk mengencangkan ikat pinggang, mengevaluasi biaya dan memastikan anda mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengatasi krisis ini.

Ada kemungkinan perubahan yang ingin anda buat dalam bisnis tetapi belum dan sekarang saatnya untuk bertindak. Evaluasi potensi diri, tinjau pihak – pihak terkait dalam bisnis anda, putuskan apa yang benar-benar diperlukan untuk menjalankan bisnis. Pastikan anda mengalokasikan budget dengan bijak. Perhatikan baik-baik perputaran keuangan untuk melihat bagaimana mengurangi kerugian. Saatnya merampingkan sehingga perusahaan dapat bergerak maju tanpa beban beban biaya yang tidak perlu.

Bisnis yang lemah selama dalam kondisi ekonomi yang baik akan sangat terlihat dalam kondisi ekonomi yang tidak mendukung seperti sekarang ini. Jika bisnis anda sekarang tidak berjalan dan kondisi seperti ini sudah terjadi dalam 6 bulan ini, mungkin sudah waktunya untuk memeriksa kembali keberlangsungan jangka panjangnya.

Winston Churchill pernah berkata:

“Jangan pernah membiarkan krisis yang baik menjadi sia-sia.”

Gunakan krisis ini untuk keluar dari bisnis yang tidak berfungsi dan sudah tidak berjalan selama beberapa waktu. Investasikan waktu dan energi Anda pada apa yang berhasil versus apa yang tidak berhasil.

Sekaranglah waktunya untuk jujur pada diri sendiri!