5 Orang yang membantu kesuksesan Anda menjadi Entrepreneur

Entrepreneur, dalam banyak hal, adalah tentang mencapai satu kemandirian. Anda tidak akan memiliki bos lagi. Anda tidak akan memiliki supervisor maupun rekan kerja untuk mengatur jadwal anda atau memantau kesuksesan Anda. Sebaliknya, Anda yang menentukan takdir Anda sendiri, bertanggung jawab kepada diri sendiri atas semua tindakan yang Anda sedang jalankan.

Namun, kemerdekaan itu juga bisa menjadi satu malapetaka. Meskipun entrepreneur adalah identik dengan satu tindakan tentang kemandirian, pengusaha paling sukses di dunia hanya sampai di tempat mereka sekarang karena adanya bantuan yang diterima dari orang-orang di sekitar mereka.
Saat Anda membuat keputusan untuk mengukir jalan Anda sendiri untuk menjalani kehidupan sebagai pengusaha, maka anda memerlukan 5 orang berikut agar dalam mengarungi perjalanan menjadi seorang entrepreneur bisa menjadi lebih efektif dan bisa memberikan hasil yang maksimal.

  1. Mentor yang bisa diandalkan.
    Mentor adalah sumber daya yang sangat diperlukan bagi wirausahawan, terutama jika Anda memulai bisnis untuk pertama kali. Sebagian besar pengusaha telah memiliki banyak bisnis di masa lalu, dan telah membuat banyak sekali kesalahan dan mengalami proses belajar lebih banyak dari yang dapat Anda bayangkan. Mereka akan membantu Anda dengan memberikan saran, perspektif, dan panduan kapan pun Anda membutuhkannya. Mereka juga biasanya memiliki jaringan sumber daya dan kontak yang luas yang dapat Anda manfaatkan saat membangun infrastruktur bisnis Anda. Pastikan untuk menemukan mentor yang Anda kagumi dan percayai. Jika Anda melakukannya, dia dapat membimbing Anda ke jalan yang benar selama bertahun-tahun.
    Jika Anda kesulitan menemukan mentor untuk bisnis Anda, bisa memanfaatkan dunia digital untuk menemukan sosok pengusaha di industri yang anda inginkan di sekitar daerah anda. Anda juga dapat belajar langsung di skillpreneur.id yang didirikan oleh Budi Suryanto dan Akhmad Guntar, sinergi bersama praktisi dan akademisi dari Manajemen Bisnis ITS, yang mengadakan program – program unggulan yang siap membersamai anda untuk bisa memiliki skill serta mindset entrepreneur.
  2. Partner yang Anda hormati
    Baik Anda sedang membentuk sinergi untuk menjalankan bisnis bersama atau hanya mencari bisnis lain untuk diajak bergabung, menemukan partner yang Anda hormati sangat penting untuk meningkatkan peluang dalam sukses berwirausaha. Dengan dasar saling menghormati, berpartner dalam bisnis cenderung tidak menyerah pada kelemahan yang biasa seperti pertengkaran, komunikasi, atau keegoisan umum.
    Menemukan partner yang hebat tidaklah mudah, tetapi penting jika Anda ingin memaksimalkan potensi Anda, jadi jangan terburu-buru untuk menemukannya, luangkan waktu Anda dan tunggu sampai pasangan yang cocok.

Related Artikel dalam memilih partner bisnis : https://budisuryanto.com/5-tips-memilih-partner-bisnis/

  1. Karyawan yang bisa dipercaya
    Bisnis tidak dapat berhasil hanya dengan kepemimpinan. Anda harus memiliki team – karyawan yang berdedikasi dan dapat diandalkan untuk membantu Anda menjalankan tanggung jawab operasional sehari-hari dari usaha Anda. Mereka akan menjadi kendaraan atas arahan strategi Anda, jadi Anda harus percaya bahwa mereka dapat menyelesaikan tugas yang Anda tetapkan atau setidaknya berkomunikasi ketika mereka merasa tidak mampu.
    Untuk membantu menciptakan lingkungan yang secara alami, menjadikan karyawan yang dapat dipercaya seperti yang Anda butuhkan, dimulai saat wawancara dan selanjutnya membuat pedoman yang jelas untuk budaya perusahaan. Mencari kandidat dengan kepribadian yang hebat dan tulus adalah merupakan proses yang harus kita lalui dalam membentuk team yang handal.
  2. Teman tempat Anda meluangkan waktu
    Dengan menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang lebih sehat, Anda akan lebih menikmati waktu Anda sebagai pengusaha, dan Anda akan membuat keputusan yang lebih baik jika Anda cukup istirahat. Menemukan teman yang akan membantu Anda bertukar pikiran dalam melalui perjalanan panjang menjadi seorang entrepreneur adalah satu hal diperlukan, tetapi penting juga untuk menarik garis dan meluangkan waktu untuk diri sendiri.
  3. Keluarga yang mendukung Anda
    Terakhir, dan buat saya adalah yang utama dan terpenting adalah keluarga. Jangan pernah mengabaikan kekuatan dan pentingnya keluarga Anda. Mereka ada untuk Anda sebelum Anda memulai bisnis, mereka ada untuk Anda sekarang, dan mereka akan ada untuk Anda terlepas apakah perusahaan Anda menjadi sukses besar atau malah sebaliknya.
    Jangan takut untuk berbagi masalah, ketakutan, kekhawatiran dan tantangan Anda. Memendam masalah ini dapat membuat Anda semakin stres dan semakin menjauhkan Anda dari keluarga. Luangkan waktu untuk bersama keluarga Anda, dan jadikan mereka bagian aktif dari perjalanan wirausaha Anda.
    Dengan orang-orang ini di sisi Anda, membantu Anda membuat keputusan yang tepat dan mendukung Anda saat segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik, Anda akan jauh lebih mungkin dalam mencapai keberhasilan menjadi pengusaha.

Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang Anda percayai, cintai, dan hormati, dan bahkan jika Anda gagal, Anda akan dapat menikmati perjalanannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *